TELKOM
Riwayat singkat Telkom
Telkom merupakan BUMN yang bergerak
di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan
karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan
statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa
saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia
sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di BEI,
NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (“POWL”) di Jepang. Riwayat
singkat Telkom dari tahun ke tahun dapat dilihat pada bagian “Sejarah Panjang
Menempa Telkomsel”.
KEGIATAN USAHA
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup
kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan
telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk
mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan kegiatan usaha yang
meliputi:
Usaha Utama
1. Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan,
mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan
telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan
memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2. Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan
atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam
arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan
perundang-undangan.
Usaha Penunjang
1. Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman
uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
2. Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka
optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset
tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan
pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
Visi, Misi Dan Tujuan
Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam
penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”)
di kawasan regional.
Misi
·
Menyediakan
layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
·
Menjadi model
pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.
Corporate Culture : The New Telkom Way
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors : Imagine, Focus, Action
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors : Imagine, Focus, Action
SERTA INISIATIF STRATEGIS
1. Pusat Keunggulan.
2. Menyelaraskan struktur bisnis dan pengelolaan
portofolio.
3. Percepatan implementasi broadband melalui layanan
konvergen.
4. Pengelolaan portofolio nirkabel.
5. Mengintegrasikan solusi ekosistem Telkom Group.
6. Berinvestasi di layanan teknologi informasi.
7. Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
8. Berinvestasi di bisnis wholesale dan peluang bisnis
internasional yang strategis.
9. Memaksimalkan nilai aset di bisnis yang saling terkait.
10. Mengintegrasikan Next Generation Network (“NGN”) dan
Operational support system, Business support system, Customer support system
and Enterprise relations management (“OBCE”) untuk mencapai penyempurnaan beban
biaya.
Inisiatif strategis ditetapkan berdasarkan keputusan
Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 yang ditetapkan
pada 30 Mei 2012.
BISNIS Telkomsel ADALAH T.I.M.E.S
TELKOM adalah perusahaan penyedia layanan dan jaringan
telekomunikasi terbesar di Indonesia
·
Telkomsel sangat
bangga melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler
(Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.
·
Telkomsel juga
menyediakan beragam layanan komunikasi lain termasuk layanan interkoneksi
jaringan telepon, multimedia, data dan layanan terkait komunikasi internet,
sewa transponder satelit, sirkit langganan, televisi berbayar dan layanan VoIP.
·
Telkomsel
mendominasi lebih dari 60% pangsa pasar broadband di Indonesia yang mencapai
lebih dari 19 juta pelanggan. Telkomsel sangat bangga bahwa bisnis layanan
data, internet dan Teknologi Informasi yang Telkomsel layani ini mampu
mengkontribusi 35% terhadap total pendapatan perusahaan.
·
Kapasitas gateway
internet Telkomsel yang terbesar di Indonesia,saat ini sudah lebih dari 106,4
Gbps. Telkomsel selalu memastikan kecukupan kapasitas gateway internet agar
mampu mengantisipasi pertumbuhan trafik broadband yang tinggi baik fixed broadband
maupun mobile broadband.
Melanjutkan Transformasi
·
Visi Telkomsel
adalah menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication,
Information, Media, Edutainment dan Service (TIMES) di kawasan regional.
·
Untuk menghadapi
tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dan konektivitas
tanpa putus, Telkomsel telah bertransformasi, bisnis Telkomsel mencakup
telekomunikasi, informasi, media, edutainment dan Services (TIMES).
·
Upaya
transformasi ini Telkomsel fokuskan pada sisi portofolio, infrastruktur dan
system, organisasi dan budaya perusahaan.
·
Dengan berfokus
kuat pada layanan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan
Service), Telkomsel berkomitmen untuk Mempelopori Masyarakat Digital di Indonesia.
Struktur Organisasi Perusahaan
Telkom telah mencanangkan sebuah grand strategy menuju sustainable
competitive growth, dengan sasaran sebagai berikut:
1. Pertumbuhan organik yang akan dicapai dengan penguatan
bisnis inti melalui fokus pada strategi segmentasi pelanggan yaitu layanan
konsumer, layanan enterprise, dan layanan wholesale dan
internasional, yang didukung oleh 10 juta sambungan POTS dan 5 juta sambungan
Speedy.
2. Pertumbuhan inorganik yang akan dicapai melalui
strategi relateddiversification berupa pengembangan bisnis
baru, pengelolaan portofolio strategis, serta membangun sinergi antara kami dan
entitas anak kami.
Dalam rangka implementasi yang efektif dari
strategi-strategi tersebut di atas, dipandang perlu adanya beberapa hal sebagai
berikut:
1. Direktur yang fokus menangani segmen layanan wholesale dan
internasional
2. Direktur yang fokus menangani pengembangan portofolio
bisnis.
3. Mekanisme atau model parenting yang
mampu membangun sinergi antara Entitas Anak dengan Induk Perusahaan maupun
antar-Entitas Anak.
Untuk itu, pada tahun 2012 Telkom telah melakukan
beberapa perubahan menyangkut pembagian tugas dan wewenang Direksi, sebagai
berikut:
1. Mengalihkan tugas dan wewenang penanganan bisnis di
segmenwholesale dan internasional, dari semula di bawah Direktur
Enterprise & Wholesale (“EWS”) menjadi di bawah Direktur Compliance &
Risk Management (“CRM”). Dengan demikian Direktur EWS dapat lebih fokus pada
pengembangan segmen bisnis enterprise.
2. Menambah tugas dan wewenang Direktur CRM untuk menangani
segmen bisnis wholesale dan internasional, selain tugas dan
wewenangnya sebagai Direktur CRM.
3. Menyesuaikan tugas dan wewenang Direktur IT, Solution
& Strategic Portfolio (“ITSSP”) agar lebih fokus pada upaya inovasi dan
pengembangan portofolio bisnis, dengan mengalihkan sebagian aktivitas
Direktorat ITSSP, khususnya yang terkait dengan pengelolaan dan pendayagunaan
IT dan tarif, menjadi di bawah Direktorat Network & Solution (“NWS”).
4. Menambah tugas dan wewenang Direktur NWS untuk menangani
pengelolaan dan pendayagunaan IT serta service operation &
management, untuk mendukung upaya pengembangan bisnis yang sudah berjalan (established).
Selain itu, untuk membangun sinergi yang lebih efektif
di lingkungan Telkom Group, Kami membentuk struktur Dewan Eksekutif beranggotakan
empat Direktur Utama dari Entitas Anak. Dewan Eksekutif menjalankan tugas advisoryterkait
dengan formulasi strategi, perencanaan, penetapan kebijakan serta pemantauan
kinerja, untuk masing-masing lini bisnis yaitu bisnis seluler, bisnis
internasional, bisnis IME dan bisnis menara telekomunikasi.
Ikhtisar
Keuangan dan Operasi
Klik gambar untuk detail |
Klik gambar untuk detail |
0 komentar:
Posting Komentar